Skip to main content

Web dan Jaringan Internet

Pengertian Web atau Website


Web adalah suatu halaman web yang saling berhubungan dan berada pada platform yang sama dengan berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan maupun kelompok yang bertujuan sebagai pemberi ataupun penyalur infromasi bagi pembacanya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan di web server yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun LAN melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.


Sejarah singkat web

Jaringan informasi yang begitu besar ini dikenal sebagai WWW (World Wide Web) adalah hasil buah pikirian dari seseorang yang bernama Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ilmuwan yang memiliki latarbelakang pendidikan pengolahan teks, komunikasi dan real-time software. Ia bekerja pada CERN (Centre Européenne Recherche Nucleaire) atau disebut juga European Laboratory for Particle Physics, saat itu ia menemukan ide tersebut.

Pada tahun 1980 di pusat penelitian tersebut ia sudah membangun sebuah alat dan model perangkat lunak yang disebut Enquire. Enquire adalah sebuah database halaman-halaman data dan informasi yang satu sama lain saling terkoneksi atau dikenal dengan istilah linked.

Pada tahun 1984 menemukan cara mengakses berbaca data dan informasi yang tersimpan dalam masing-masing computer di laboratorium.
Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee menulis sebuah proposal Information Management untuk diedarkan dan dikomentari oleh CERN. Kemudian setelah itu  Tim Berners-Lee mendapatkan bantuan dari ilmuwan lainnya yang juga bekerja di CERN yang bernama Robert Cailliau.

Pada tahun 1990 HTML (Hyper Text Markup Language) mulai dikembangkan dan web browser yang bernamakan WWW(World Wide Web) dipublikasikan dan diaktifkannya web server untuk pertama kali yang berada di luar Eropa.

Pada tahun 1993 Jumlah web browser semakin banyak bermunculan. Pada tahun ini pula CERN setuju untuk membolehkan siapa saja untuk menggunakan web protocol dan juga kode-kode bebas royalti.

Pada tahun 1994 Pada tahun ini pun sistem internet dial-up mulai berkembang yang juga menunjang perkembangan dari teknologi web.

Kategori WEB

Berdasarkan Fungsi dan Kegunaan :

  1. Website Personal : Situs yang diperuntukkan bagi personal orang.
  2. Web Komersial : Digunakan untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan atau juga dapat melakukan transaksi pernjualan online.
  3. Website Instansi/Pemerintah : Situs yang digunakan oleh pemerintah.
  4. Website non-profit : Digunakan hanya untuk yayasan, sekolah, dsb.

Berdasarkan Content Management System (CMS) :

  1. Website Statis (Static Website) : Web yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Artinya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit kode yang menjadi struktur dari situs tersebut.
  2. Website Dinamis (Dynamic Website) : Website yang secara terstruktur diperuntukkan untuk memperbarui situs tanpa adanya halangan jumlah dan waktu pembaruan.
  3. Website Interaktif : Website yang dapat memanjakan user dengan interaktif dan beradu argument mengenai apa yang ada dalam pemikiran mereka.



Manfaat Aplikasi Website

Latar belakang pembuatan website yang dilakukan oleh web server akan memberikan manfaar bagi penggunannya.
Manfaat dalam aplikasi web antara lain :
  1.  Dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun,
  2. Selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi,
  3.  Aplikasi dapat berjalan pada perangkat yang dilengkapi dengan perambahan website,
  4. Lebih aman.

Jaringan Internet

Pengertian

Merupakan sekumpulan computer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehinga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, hardisk, webcam, dll).

Jenis-jenis Jaringan

A. Berdasarkan Hubungan fungsional

(i) Peer-to-peer
Komputer yang dihubungan dengan kedudukan yang sama atau tidak ada computer yang menjadi pelayan utama(server).

(ii)Client-Server
Terdapat satu computer yang digunakan sebagai computer utama (Server) untuk mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan computer seperti : komunikasi, penggunaan hardware dan software. Sedangkan computer yang menggunakan fasilitas disebut dengan client.

B. Berdasarkan Area Jaringan
(i) LAN(Local Area Network)
Jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (local).

(ii) MAN(Metropolitan Area Network)
Jaringan komputer dengan ruang lingkup yang lebih luas, yang digunakan untuk membangun jaringan computer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya.

(iii)WAN(Wide Area Network)
Jaringan terbesar karena mencakup radius antar negara bahkan antar benua tanpa batasan geografis. WAN dapat dikatakan sebagai internet.

C. Berdasarkan Metode Koneksinya

(i)Jaringan berkabel
Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan.

(ii)Jaringan nirkabel
Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.

TOPOLOGI JARINGAN


Topologi jaringan merupakan diagram yang mewakili cara computer terhubung dalam jaringan.

Macam-macam topologi
  1. Star Topology(Topologi Bintang)Sekumpulan computer yang dihubungkan dengan computer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol komunikasi dan memberikan layanan bagi computer lain.
  2. Ring Topology(Topologi Cincin)sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin, dimana salah satu berperan sebagai server
  3. Bus Topology(Topologi Bus)sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah satu komputer berperan sebagai server
  4. Tree Topology(Topologi Pohon)sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon

CONTOH PENERAPAN INTERNET

Pada Area Network :
Contoh LAN : seperti komputer, printer, storage, dsb yang berada di suatu lokasi (misalnya di satu gedung/rumah) menjadi satu kesatuan jaringan.
Contoh MAN : Hubungan antara 2 perusahaan.
Contoh WAN : Internet

Penerapan dan Hubungan LAN, MAN dan WAN
Ada 2 kantor milik anda di Bandung. Masing-masing kantor berisi LAN. Kemudian anda membeli perangkat Radio Link untuk menghubungkan kedua kantor tersebut. Nah, ini adalah MAN.
Selain di Bandung, anda punya 1 kantor lagi di Surabaya. Karena tidak mungkin membuat sambungan sendiri dari Bandung ke Surabaya, maka anda menyewa sambungan dari Telkom untuk menghubungkan kedua kota tersebut. Nah, ini adalah WAN.

Bandwidth adalah ukuran besaran data yang bisa dikirim dan diterima, biasanya dalam satuan bit per detik (bit per second/bps, dimana satu huruf/angka itu terdiri dari 8 bit, atau dikenal sebagai 1 Byte). Suatu LAN dengan koneksi Ethernet mempunyai kemampuan rata-rata 10Mbps (10 juta bit per detik). FastEthernet mempunyai bandwidth 100Mbps.

Sumber

E-book : Jaringan Komputer didapat dari Disini diakses 4:40 PM, 19 Maret 2015
E-book : Rachmawati [Online], Disini
https://wikishare27.wordpress.com/web-jaringan-internet/ diakses 2:26 PM, 19 Maret 2015

http://endra-dwi-putra.blogspot.com/2012/04/pengertian-jaringan-internet-atau.html diakses 3:52 PM, 19 Maret 2015

https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090512014840AADRX09 diakses 9:30 AM, 20 Maret 2015

Comments

Popular posts from this blog

Review Game Tales Of Destiny (PS1)

Halooooooo. Setelah sekian lama akhirnya saya akan memulai tulisan lagi. Pada kali ini saya ingin mengulas sebuah game PS1 kesukaan saya ketika masih bocah, serta game agak jadul. Nama game ini adalah Tales Of Destiny, dimana merupakan series kedua dari seri game Tales Of. Informasi umum dari wikipedia Developer : Wolf Team Publisher   : Namco Artist : Mutsumi Inomata Write : Kazuya Ishizuka Composer : Motoi Sakuraba, Shinji Tamura Series : Tales Platform : PlayStation dan PlayStation2 Release date : December 23, 1997(jepang), September 30, 1998(amerika utara) Genre : Role-playing video game Mode : Single-player dan multiplayer Gameplay Gameplay dari permainan ini bisa saya bilang unik untuk dijamannya dimana gameplaynya beda dari yang lain ya kurang lebih sama seperti series sebelumnya Tales of Phantasia. Cara mainnya layaknya gabungan dari action, figting, rpg secara live time. Jadi hal pertama seperti game rpg pada umumnya untuk bertemu monste

Aspek Hukum & Keamanan, Arsitektur Web, dan Pembuatan Blog

Aspek Hukum dan Keamanan WEB/Internet Undang - Undang ITE Dalam penggunaan ITE terdapat undang-undang yang mengaturnya, seperti yang dijelaskan dibawah : Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tidak dapat menjangkau semua aspek hukum dalam kegiatan atau perbuatan hukum yang dilakukan dalam internet, tetapi dapat didukung oleh peraturan perundang-undangan lainnya sehingga tidak akan terjadikekosongan hukum dalam setiap peristiwa hukum yang terjadi sebagai jalan keluar dalam penegakan hukumnya. Disebutkan bahwa kegiatan melalui media sistem elektronik, yang disebut juga ruang cyber (cyber space), meskipun bersifat virtual dapat dikategorikan sebagai tindakan atau perbuatan hukum yang nyata. Secara yuridis kegiatan pada ruang cyber tidak dapat didekati dengan ukuran dan kualifikasi hukum konvensional saja sebab jika cara ini yang ditempuh akan terlalu banyak kesulitan dan hal yang lolos dari pemberlakuan hukum. Pasal 1 angka 3 Undang-

Evolusi Komputer

Evolusi Komputer Pada awalnya computer merupakan alat hitung, sesuai dengan arti awalnya yaitu computare dari bahasa latin yang artinya menghitung. Namun, seiring berjalannya waktu makna computer telah berganti menjadi alat bantu elektronik yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan beberapa tugas seperti : memproses, memanipulasi, mengontrol, ataupun menyimpan data. Adapun perkembangan computer dari abacus atau sempoa hingga ke wearable device yang digunakan jaman sekarang ini. Perkembangan computer sangatlah hebat . Perkembangan Komputer Abacus Komputer pertama kali muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia yang digunakan para pedagang untuk menghitung. Bentuknya terbuat dari biji-bijian yang disusun disebuah rak agar dapat digeser yang dimana digunakan untuk menghitung. Namun dengan perkembangannya pensil dan kertas di Eropa membuat abacus mulai ditinggalkan.