Skip to main content

Paralel Computing


Pengertian

 

Komputasi paralel adalah jenis perhitungan yang banyak perhitungan atau pelaksanaan proses yang dilakukan secara bersamaan. besar masalah dapat sering dibagi menjadi lebih kecil, yang kemudian dapat diselesaikan pada waktu yang sama. Ada berbagai bentuk komputasi paralel: bit-tingkat, tingkat instruksi, data, dan tugas paralelisme. Paralelisme telah bekerja sendiri selama bertahun-tahun, terutama dalam kinerja tinggi komputasi, tetapi kepentingan di dalamnya telah tumbuh akuntabel frequency.lately Rokok di sini karena kendala fisik yang mencegah frekuensi skala. 

Komputasi paralel terkait erat dengan komputasi konkuren — mereka sering digunakan bersama-sama, dan sering digabungkan, meskipun keduanya berbeda: mungkin untuk memiliki paralelisme tanpa concurrency (seperti paralelisme bit-tingkat), dan concurrency tanpa paralelisme (seperti multitasking oleh time-sharing single core CPU). Komputasi paralel, tugas komputasi biasanya dipecah dalam beberapa, sering banyak, sangat mirip subtugas yang dapat diproses secara independen dan hasil yang digabung setelah itu, setelah selesai. Sebaliknya, dalam komputasi konkuren, berbagai proses sering tidak alamat terkait tugas; ketika mereka melakukannya, seperti khas dalam komputasi terdistribusi, tugas-tugas terpisah yang mungkin memiliki sifat bervariasi dan sering memerlukan beberapa komunikasi antar proses selama eksekusi.

Dalam beberapa kasus paralelisme transparan untuk programmer, seperti di paralelisme bit-tingkat atau instruksi-tingkat, tetapi secara eksplisit paralel algoritma, terutama mereka yang menggunakan concurrency, lebih sulit untuk menulis daripada berurutan.

Komputer parallel pada Komputer arsitektur


Komputer paralel adalah seperangkat prosesor yang dapat bekerja sama untuk memecahkan masalah komputasi. Definisi ini cukup luas untuk mencakup superkomputer paralel yang ratusan atau ribuan prosesor, Jaringan workstation, multi-prosesor workstation dan embedded System.

Latar Belakang


Secara tradisional, perangkat lunak komputer telah ditulis untuk serial komputasi. Untuk memecahkan masalah, algoritma dibangun dan diimplementasikan sebagai aliran serial petunjuk. Petunjuk ini dijalankan pada unit pemroses sentral pada satu komputer. Hanya satu instruksi dapat mengeksekusi pada waktu — setelah instruksi itu selesai, berikutnya dijalankan.

Komputasi paralel, di sisi lain, menggunakan beberapa elemen pengolahan secara bersamaan untuk memecahkan masalah. Hal ini dicapai dengan melanggar masalah menjadi bagian independen sehingga setiap elemen pengolahan dapat mengeksekusi bagiannya dari algoritma bersamaan dengan yang lain. Pengolahan elemen dapat beragam dan mencakup sumber daya seperti satu komputer dengan prosesor ganda, beberapa jaringan komputer, perangkat keras khusus, atau kombinasi di atas.

Tipe Paralel

Bit-level parallelism

Dari munculnya teknologi fabrikasi chip komputer integrasi sangat-besar-scale (VLSI) di tahun 1970-an hingga sekitar tahun 1986, speed-up dalam arsitektur komputer didorong oleh menggandakan ukuran kata komputer-jumlah informasi prosesor dapat memanipulasi per siklus. Meningkatkan ukuran kata mengurangi jumlah instruksi prosesor harus menjalankan untuk melakukan operasi pada variabel yang berukuran lebih besar dari panjang kata. Misalnya, dimana sebuah 8-bit prosesor harus menambahkan dua bilangan bulat 16-bit, prosesor harus pertama Tambahkan 8 bit rendah-order dari setiap integer yang menggunakan instruksi penambahan standar, kemudian tambahkan 8 bit tingkat tinggi yang menggunakan instruksi tambah-dengan-membawa dan membawa sedikit dari penambahan pesanan lebih rendah; dengan demikian, sebuah 8-bit prosesor memerlukan dua petunjuk untuk menyelesaikan sebuah operasi yang tunggal, yang mana 16-bit prosesor yang akan mampu menyelesaikan operasi dengan instruksi yang tunggal. 

Instruction-level parallelism




Prosesor kanonik tanpa pipa. Ini membutuhkan waktu lima jam siklus untuk menyelesaikan satu instruksi dan dengan demikian prosesor dapat mengeluarkan subscalar kinerja (IPC = 0.2 < 1).



Kanonik lima tahap pipelined prosesor. Dalam kasus terbaik skenario, dibutuhkan satu jam siklus untuk menyelesaikan satu instruksi dan dengan demikian prosesor dapat mengeluarkan skalar kinerja (IPC = 1).

Sebuah program komputer adalah, pada dasarnya, aliran instruksi dieksekusi oleh prosesor. Tanpa paralelisme instruksi-tingkat, prosesor yang hanya bisa mengeluarkan kurang dari satu instruksi per jam siklus (IPC < 1). Prosesor ini dikenal sebagai prosesor subscalar. Petunjuk ini dapat memesan kembali dan digabungkan ke dalam kelompok yang kemudian dilakukan secara paralel tanpa mengubah hasil dari program. Hal ini dikenal sebagai tingkat instruksi paralelisme. Kemajuan dalam tingkat pengajaran paralelisme didominasi arsitektur komputer dari pertengahan 1980-an hingga pertengahan 1990-an.

Semua prosesor yang modern memiliki multi-tahap instruksi pipa. Setiap tahap dalam pipa yang berkaitan dengan tindakan yang berbeda prosesor melakukan pada bahwa instruksi pada tahap itu; prosesor dengan N-tahap pipa dapat memiliki hingga N petunjuk yang berbeda pada berbagai tahap penyelesaian dan dengan demikian dapat mengeluarkan satu instruksi per jam siklus (IPC = 1). Prosesor ini dikenal sebagai prosesor skalar. Contoh kanonik prosesor yang pipelined adalah sebuah prosesor RISC, dengan lima tahap: instruksi fetch (jika), instruksi men-decode (ID), melaksanakan (EX), memori akses (MEM), dan daftar menulis kembali (WB). Prosesor Pentium 4 telah pipa 35-tahap

Task parallelism



Kanonik lima tahap pipelined superscalar prosesor. Dalam kasus terbaik skenario, dibutuhkan satu jam siklus untuk menyelesaikan dua instruksi dan dengan demikian prosesor dapat mengeluarkan superscalar kinerja (IPC = 2 > 1).

Tugas parallelisms adalah karakteristik program paralel bahwa "perhitungan yang sama sekali berbeda dapat dilakukan pada kedua sama atau berbeda kumpulan data". ini kontras dengan data paralelisme, mana perhitungan yang sama dilakukan pada sama atau berbeda kumpulan data. Tugas paralelisme melibatkan dekomposisi tugas ke sub-tugas dan kemudian mengalokasikan masing-masing sub-tugas untuk prosesor untuk eksekusi. Prosesor kemudian akan melaksanakan sub-tugas ini secara simultan dan sering sama. Tugas paralelisme tidak biasanya skala dengan ukuran masalah

Classes of parallel computers

Komputer paralel dapat digolongkan kira-kira sesuai dengan tingkat di mana perangkat keras yang mendukung paralelisme. Klasifikasi ini luas analog dengan jarak antara node dasar komputasi. Ini tidak saling eksklusif; Misalnya, kelompok multiprocessors simetris relatif umum.

Multi-core computing

Prosesor multi core adalah prosesor yang mencakup beberapa unit pengolahan (disebut "Core") pada chip sama. Prosesor ini berbeda dari prosesor yang superscalar, yang mencakup beberapa unit eksekusi dan dapat mengeluarkan beberapa petunjuk per jam siklus dari satu instruksi stream (utas); Sebaliknya, multi-prosesor inti dapat mengeluarkan beberapa instruksi per jam siklus dari beberapa aliran instruksi. IBM sel mikroprosesor, dirancang untuk digunakan dalam Sony PlayStation 3, adalah prosesor multi core terkemuka. Setiap inti di prosesor multi core yang berpotensi dapat superscalar juga — yaitu pada setiap siklus clock, setiap inti dapat mengeluarkan beberapa instruksi dari satu thread.

Symmetric multiprocessing

Simetris multiprosesor (SMP) adalah sistem komputer dengan multiprosesor identik yang berbagi memori dan terhubung melalui bus. [28] bus pertengkaran mencegah arsitektur jalur scaling. Sebagai akibatnya, SMPs umumnya tidak terdiri dari lebih dari 32 prosesor. Karena ukuran kecil prosesor dan pengurangan yang signifikan dalam persyaratan untuk bus bandwidth dicapai dengan cache besar, seperti multiprocessors simetris sangat hemat biaya, asalkan ada jumlah yang cukup memory bandwidth.

Distributed computing

Komputer terdistribusi (juga dikenal sebagai didistribusikan memori multiprosesor) adalah sistem komputer terdistribusi memori di mana pengolahan elemen yang terhubung dengan jaringan. Komputer terdistribusi sangat scalable.

Cluster computing

Sebuah cluster adalah kelompok digabungkan secara longgar komputer yang bekerja sama erat, sehingga dalam beberapa hal mereka dapat dianggap sebagai satu komputer. cluster terdiri dari beberapa mesin mandiri yang terhubung dengan jaringan. Sementara mesin dalam sebuah cluster tidak harus simetris, menyeimbangkan beban ini lebih sulit jika mereka tidak. Jenis yang paling umum cluster adalah Beowulf cluster, yang merupakan sebuah cluster yang diimplementasikan pada beberapa identik komersial off komputer yang terhubung dengan jaringan area lokal TCP/IP Ethernet. Beowulf teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Thomas Sterling dan Donald Becker. Mayoritas TOP500 superkomputer adalah cluster.

Comments

Popular posts from this blog

Review Game Tales Of Destiny (PS1)

Halooooooo. Setelah sekian lama akhirnya saya akan memulai tulisan lagi. Pada kali ini saya ingin mengulas sebuah game PS1 kesukaan saya ketika masih bocah, serta game agak jadul. Nama game ini adalah Tales Of Destiny, dimana merupakan series kedua dari seri game Tales Of. Informasi umum dari wikipedia Developer : Wolf Team Publisher   : Namco Artist : Mutsumi Inomata Write : Kazuya Ishizuka Composer : Motoi Sakuraba, Shinji Tamura Series : Tales Platform : PlayStation dan PlayStation2 Release date : December 23, 1997(jepang), September 30, 1998(amerika utara) Genre : Role-playing video game Mode : Single-player dan multiplayer Gameplay Gameplay dari permainan ini bisa saya bilang unik untuk dijamannya dimana gameplaynya beda dari yang lain ya kurang lebih sama seperti series sebelumnya Tales of Phantasia. Cara mainnya layaknya gabungan dari action, figting, rpg secara live time. Jadi hal pertama seperti game rpg pada umumnya untuk bertemu monste

Aspek Hukum & Keamanan, Arsitektur Web, dan Pembuatan Blog

Aspek Hukum dan Keamanan WEB/Internet Undang - Undang ITE Dalam penggunaan ITE terdapat undang-undang yang mengaturnya, seperti yang dijelaskan dibawah : Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tidak dapat menjangkau semua aspek hukum dalam kegiatan atau perbuatan hukum yang dilakukan dalam internet, tetapi dapat didukung oleh peraturan perundang-undangan lainnya sehingga tidak akan terjadikekosongan hukum dalam setiap peristiwa hukum yang terjadi sebagai jalan keluar dalam penegakan hukumnya. Disebutkan bahwa kegiatan melalui media sistem elektronik, yang disebut juga ruang cyber (cyber space), meskipun bersifat virtual dapat dikategorikan sebagai tindakan atau perbuatan hukum yang nyata. Secara yuridis kegiatan pada ruang cyber tidak dapat didekati dengan ukuran dan kualifikasi hukum konvensional saja sebab jika cara ini yang ditempuh akan terlalu banyak kesulitan dan hal yang lolos dari pemberlakuan hukum. Pasal 1 angka 3 Undang-

Evolusi Komputer

Evolusi Komputer Pada awalnya computer merupakan alat hitung, sesuai dengan arti awalnya yaitu computare dari bahasa latin yang artinya menghitung. Namun, seiring berjalannya waktu makna computer telah berganti menjadi alat bantu elektronik yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan beberapa tugas seperti : memproses, memanipulasi, mengontrol, ataupun menyimpan data. Adapun perkembangan computer dari abacus atau sempoa hingga ke wearable device yang digunakan jaman sekarang ini. Perkembangan computer sangatlah hebat . Perkembangan Komputer Abacus Komputer pertama kali muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia yang digunakan para pedagang untuk menghitung. Bentuknya terbuat dari biji-bijian yang disusun disebuah rak agar dapat digeser yang dimana digunakan untuk menghitung. Namun dengan perkembangannya pensil dan kertas di Eropa membuat abacus mulai ditinggalkan.