Skip to main content

SEO? Apa itu? dan bagaimana caranya?


Definisi



Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Singkatnya SEO itu adalah proses bagaimana suatu web menjadi yang pertama ditampilkan ketika di cari pada mesin pencari tanpa menggunakan iklan, bayar, dan sejenisnya.
 Kalau ada SEO berarti ada NON-SEO dong? iyapp bener sekali, bedanya NON-SEO kebalikan dari SEO jadi akan ditampilkan di paling atas karena ada iklan, dimana kalau pakai iklan pasti bayar. Masih kurang jelas??? Coba liat contoh gambar disamping



Gimana jelas???

Nah intinya untuk NON-SEO itu menggunakan iklan sehingga akan tampil diatas, dengan tanda tertuliskan AD disamping urlnya.

Sedangkan SEO tidak terdapat tanda AD pada disamping urlnya walaupun posisinya tepat dibawah yang menggunakan AD namun hal tersebut adalah SEO.



Udah tau SEO itu apa kan? terus mau tau dong tujuan dari SEO apaan? Masa iya cuma ingin menjadi di tampilan paling awal mesin pencari/google/bing/dll. Ga!! Masih ada lagi yaitu:



Tujuan

Tujuan SEO itu dibagi 2, yaitu
  • Tujuan Dasar 
  •  Tujuan Utama
Nah tujuan Dasar itu jelas membuat menjadi tampilan paling awal, nah tapi apa tujuan utama?? yuk mari liat


  1. Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
  2. Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
  3. Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
  4. Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).
  5. Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan
Nah diatas itu tujuan utama dari SEO.
Terus keuntungan dari SEO apaan?? coba baca lagi yang dibawah!!

Keuntungan SEO

Keuntungan SEO lumayan banyak tapi saya jelasin sedikit saja, seperti :
  1. Jika punya online shop, keuntungannya jadi banyak pembeli yang mengunjugi web kalian dan otomatis banyak yang liat dan membeli produk dari web kalian,
  2. Jika buat personal untungnya banyak yang liat web kalian sehingga setiap tulisan kalian bisa jadi viral atau malah dicopas orang lain
  3. Jika buat cari uang, yah walau SEO tanpa iklan yang berbayar biar menjadi teratas. Jika web kalian sudah termasuk ke SEO maka dengan mudah kalian dapat memasukkan iklan ptc jadi semakin banyak orang yang klik iklan kalian maka makin banyak uang yang kalian hasilkan contoh aja web yang esek2 pasti banyak tuh iklan-iklan sampe iklan pop up yang mengganggu tapi kalian tetep aja buka, nah iklan tersebutlah yang membuat sang pembuat web kaya raya. 
Segitu aja keuntungannya ga usah banyak-banyak

Terus bagaimana web kita biar jadi seo?? baca lagi gan dibawah

Membuat WEB menjadi SEO


Keyword Research : Mencari keyword yang paling banyak diketikan orang di search engine, dan mentarget keyword tersebut untuk di optimasi agar dapat ranking tinggi.
On Site SEO : Teknik mengoptimasi situs agar terlihat lebih relevan dari segi artikel maupun konten, dan untuk mempermudah Google menjadikan situs anda ranking dengan keyword yang anda target.

Off Site SEO : Teknik mengoptimasi situs dari luar menggunakan Backlink, hal ini dapat mendorong posisi situs anda di search engine.

Like Post Social Media : Banyak yang menyukai artikel anda di Social media seperti Facebook, Twitter dan Google+, dan hal tersebut juga berpengaruh pada situs atau halaman yang sedang anda optimasi.
Masih kurang jelaskan nah, langsung aja saya jelasin tapi cuma dua yaitu On Site SEO dan Off Site SEO. Coba dibaca dibawah ini!


1.  On Page SEO

On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking 1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
  • Title Tag
Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
  • Meta Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda
  • URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet
  • Heading (h1, h2, h3, h4)
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul. Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 adalah yang terkecil.
  • Link to Site Authority
merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs-situs terpercaya atau yang dipercayai google seperti youtube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
2.  Off Page SEO
SEO Off page juga sama, ia juga merupakan rangkaian proses optimasi, tetapi dilakukan di luar dari situs Anda namun merupakan bagian dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs Anda. Dalam hal ini kita akan lebih banyak membicarakan soal backlink atau tautan balik.

Teknik ini dilakukan dengan cara membangunbacklink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Gunanya apa? Gunanya untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.

Setiap saat metode SEO Off Page berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink sudah tidak penting lagi. Namun saya pribadi berpendapat,backlink tetaplah penting dan menentukan selama diterapkan dengan cara yang benar.

Berikut adalah beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh praktisi SEO.
  • Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain
  • Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya)
  • Forum signature (kaskus, forum detik, forum kompas)
  • Social bookmark
  • Komentar blog dengan cara mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar serta tautan.
  • Guest post
 
Cara lain mungkin masuk ke Keyword Research, yaitu dengan menuliskan banyak tag/label pada setiap post kalian bisa sampe 10 lebih walau ga nyambung, tapi believe me it's work 

Cukup Segitu Mengenai SEO, tapi mari kita sejenak melihat sumber tulisan saya

Ini
dan ini


Comments

Popular posts from this blog

Review Game Tales Of Destiny (PS1)

Halooooooo. Setelah sekian lama akhirnya saya akan memulai tulisan lagi. Pada kali ini saya ingin mengulas sebuah game PS1 kesukaan saya ketika masih bocah, serta game agak jadul. Nama game ini adalah Tales Of Destiny, dimana merupakan series kedua dari seri game Tales Of. Informasi umum dari wikipedia Developer : Wolf Team Publisher   : Namco Artist : Mutsumi Inomata Write : Kazuya Ishizuka Composer : Motoi Sakuraba, Shinji Tamura Series : Tales Platform : PlayStation dan PlayStation2 Release date : December 23, 1997(jepang), September 30, 1998(amerika utara) Genre : Role-playing video game Mode : Single-player dan multiplayer Gameplay Gameplay dari permainan ini bisa saya bilang unik untuk dijamannya dimana gameplaynya beda dari yang lain ya kurang lebih sama seperti series sebelumnya Tales of Phantasia. Cara mainnya layaknya gabungan dari action, figting, rpg secara live time. Jadi hal pertama seperti game rpg pada umumnya untuk bertemu monste

Aspek Hukum & Keamanan, Arsitektur Web, dan Pembuatan Blog

Aspek Hukum dan Keamanan WEB/Internet Undang - Undang ITE Dalam penggunaan ITE terdapat undang-undang yang mengaturnya, seperti yang dijelaskan dibawah : Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tidak dapat menjangkau semua aspek hukum dalam kegiatan atau perbuatan hukum yang dilakukan dalam internet, tetapi dapat didukung oleh peraturan perundang-undangan lainnya sehingga tidak akan terjadikekosongan hukum dalam setiap peristiwa hukum yang terjadi sebagai jalan keluar dalam penegakan hukumnya. Disebutkan bahwa kegiatan melalui media sistem elektronik, yang disebut juga ruang cyber (cyber space), meskipun bersifat virtual dapat dikategorikan sebagai tindakan atau perbuatan hukum yang nyata. Secara yuridis kegiatan pada ruang cyber tidak dapat didekati dengan ukuran dan kualifikasi hukum konvensional saja sebab jika cara ini yang ditempuh akan terlalu banyak kesulitan dan hal yang lolos dari pemberlakuan hukum. Pasal 1 angka 3 Undang-

Evolusi Komputer

Evolusi Komputer Pada awalnya computer merupakan alat hitung, sesuai dengan arti awalnya yaitu computare dari bahasa latin yang artinya menghitung. Namun, seiring berjalannya waktu makna computer telah berganti menjadi alat bantu elektronik yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan beberapa tugas seperti : memproses, memanipulasi, mengontrol, ataupun menyimpan data. Adapun perkembangan computer dari abacus atau sempoa hingga ke wearable device yang digunakan jaman sekarang ini. Perkembangan computer sangatlah hebat . Perkembangan Komputer Abacus Komputer pertama kali muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia yang digunakan para pedagang untuk menghitung. Bentuknya terbuat dari biji-bijian yang disusun disebuah rak agar dapat digeser yang dimana digunakan untuk menghitung. Namun dengan perkembangannya pensil dan kertas di Eropa membuat abacus mulai ditinggalkan.