Skip to main content

Analisis website Indonesia.go.id

          Kali ini saya ingin mengulas mengenai salah satu website resmi pemerintah, yaitu : http://www.indonesia.go.id/. Dimana kali ini saya akan me-review akan dari tujuan, visi & misi, tampilan website, ataupun peringkat website tersebut baik secara nasional ataupun internasional.

VISI DAN MISI

Website ini memiliki Visi dan Misi dan telah dijabarkan pada bagian tab ‘SEKILAS INDONESIA’. Dimana visi dan misi tersebut ialah, sebagai berikut :
Visi
Terwujudnya Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan.
Misi
·         Melanjutkan Pembangunan Menuju Indonesia yang Sejahtera.
·         Memperkuat Pilar-pilar Demokrasi.
·         Memperkuat Dimensi Keadilan di Semua Bidang.

TUGAS
Tugas website ini ialah :
Memberikan wawasan mengenai Indonesia, baik dari presiden, letak geografis, kabinet hukum, dan lain-lain.
Memberikan informasi tentang berita-berita secara cepat mengenai Indonesia baik berita nasional ataupun berita internasional.


Kelebihan dan Kekurangan
Tampilan Desain
Secara keseluruhan tampilan desain website ini cukup menarik dengan disusunnya bagian-bagian secara rapi, dimana jika dibahas per-tab maka:
 1. Beranda 

·      Pada tab beranda telah ditampilkan desain yang minimalis walaupun tampilan tersebut standar dimana menggunakan gaya classic, dimana pada setiap menu-menu akan muncul sub-menu secara menurun kebawah tanpa ada animasi khusus.

·      Pemilihan warna yaitu : merah dan putih sudah cocok dengan warna kebangsaan Indonesia, namun karena banyaknya warna secara monoton membuat mata akan merasa lelah dalam melihat warna merah secara terus menerus, sebaiknya penggunaan warna dapat diperbanyak lagi tanpa mengurangi unsur kebangsaan Indonesia.

·      Pada bagian atas web atau diatas bagian menu, sebaiknya digunakan sebagai gallery slide. Sebagai contoh dapat menggunakan slide seperti pada google play.

·      Namun jika dilihat dari seberapa waktu akses atau waktu loading, tergolong cepat karena tidak banyak menggunakan script yang tidak perlu, namun untuk jaman sekarang menggunakan script yang sedikit juga bukan pilihan yang baik dimana saat ini kecepatan internet sudah cukup cepat untuk memproses beberapa script, plugin, cache, ataupun cookie yang berguna untuk memperindah tampilan.

2. Sekilas Indonesia



·         Pada bagian ini telah dimasukkan seluruh informasi mengenai Indonesia, namun begitu informasi yang disedikan sama persis dengan yang disediakan pada Wikipedia. Namun pada website ini informasi yang disediakan dapat diunduh kedalam format pdf ataupun langsung dapat dicetak dengan memilih ikon adobe reader dan printer. Yang memudahkan pembaca agar dapat terus membaca tanpa harus selalu terhubung ke internet.

·         Namun, kita tidak dapat melihat informasi secara keseluruhan langsung dalam satu web sehingga jika ingin membaca secara lengkap kita harus memilih satu-satu sub-menu yang disediakan. Walaupun demikian dengan ditampilkan secara terpisah dapat membuat pembaca memilih informasi yang butuhkan secara cepat tanpa harus membaca secara satu-persatu.


3.    Presiden & Wakil Presiden



·         Pada menu ini telah menyediakan informasi mengenai presiden dan wakilnya secara lengkap dari riwayat hidup hingga daftar penghargaan yang telah diraih.

·         Pada menu ini disediakan pula galeri Presiden dan Wakilnya sehingga kita dapat mengetahui informasi lebih lanjut lagi.

·         Namun, informasi yang disampaikan hanya mengenai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia saat ini, tidak ditampilkan mengenai daftar Presiden dan Wakil Presiden Indonesia sebelumnya, sehingga jika ingin mengetahui daftar Presiden dan Wakil Presiden Indonesia kita harus mencari di search engine.

4.Kabinet Kerja


·                     Pada menu ini berisi mengenai daftar mentri-mentri yang menjabat pada pemerintah yang sedang berlangsung.

  5. Produk Hukum



·         Pada menu ini telah dijabarkan mengenai informasi secara lengkap perundang-perundangan ataupun hukum-hukum yang sedang berlaku di Indonesia.
·         Selain itu format yang diberikan dalam bentuk pdf yang mempermudah dalam membaca isinya.

6. Pidato

·         Pada menu ini disediakan mengenai informasi pidato-pidato presiden dan wakil presiden yang telah dibacakan.
·         Informasi yang disediakan berupa berita yang diambil dari beberapa situs berita, sehingga isi dari pidato yang disampaikan tidak lengkap hanya kesimpulan saja,
·         Selain itu, tidak adanya pembaruan berita mengenai pidato sejak tahun 2012.
7. Istana



·         Pada menu ini diberikan informasi mengenai istana Negara yang berada di Indonesia, dari keterangan alamat hingga peresmian tempat tersebut.


RATING
Alexa.com
Alexa Rank adalah sebuah situs yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Yang mana semakin besar trafficnya maka semakin tinggi peringkat dari situs tersebut dan juga sebaliknya semakin kecil traffiknya maka semakin rendah lah peringkat dari situs tersebut.

Alexa Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 ( satu ) sampai dengan seterusnya ( nilai berjuta-juta ) yang mana dalam perhitungan sistem di Alexa Rank apabila semakin kecil nilai Alexa Rank situs anda maka semakin baguslah peringkat situs tersebut.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ALEXA RANK

·   Alexa hanya akan menghitung data secara akurat apabila pengunjung telah menginstall alexa toolbar.
·   Apabila sebuah website/blog mendapatkan satu pengunjung yang datang mengunjungi halaman dan membaca banyak artikel (pages view) dalam sehari, maka hitungan data yang disimpan tetap satu kali.
·   Hanya domain utama yang berpeluang terindeks secara akurat. Alexa akan melakukan tracking pada website utama sebagai prioritas. Sementara untuk sub-domain dan sub-pages seperti blog dll, memerlukan usaha keras untuk menghasilkan ranking terbaik.
·   Ada beberapa tawaran pro account di samping free account pada web alexa, dimana kita bisa upgrade account dan membayar dengan credit card atau paypal. Setelah itu kita bisa mendapatkan sertifitkat dan segalanya.

Melihat Rank Indonesia.go.id pada Alexa.com
Data yang diambil saat ini tertanggal pada 27 oktober 2014.

1.    Pada rank secara global Indonesia.go.id menempati urutan ke-277,453 sedangkan pada peringkat nasilnal menempati urutan ke-6776.

2.   Kemudian kita bisa melihat siapa saja yang mengunjungi website tersebut. Persentase pengunjung pada website dikelompokkan, mulai dari Laki-Laki, Perempuan, Pegawai, Pelajar, Mahasiswa, kemudian tempat dimana pengunjung mengakses situs tersebut, seperti di Rumah, Sekolah, maupun Kantor

3.    Disini kita juga dapat melihat dari mana website yang sedang kita lihat peringkatnya pada Alexa Rank. Dapat dilihat peta dari geografisnya.

4.   Melihat dari mana pengunjung bermula dapat mengetahui dan kemudia mengakses web tersebut.

5.   Dengan Alexa Rank juga kita dapat mengetahui dari mana pengunjung kebanyakan mengakses web tesebut. Google.co.id atau Google.com

6.   Melihat mana saja website-website yang me-link can webnya kepada website tersebut.

7.   Kita dapat melihat website terkait yang terhubung dengan website yang sedang kita Amati melalui Alexa rank
8.   Dengan Alexa Rank kita juga dapat melihat kemana pengunjung pergi setelah mengakses website ini

9.   Kita juga akan terlink ke website yang sedang kita amati melalui Alexa Rank kemudian dapat menuju website nya tersebut.


Sumber :
http://www.indonesia.go.id/
alexa.com
http://davotmarbun.blogspot.com/2012/02/apakah-alexa-rank-itu-dan-apa-manfaat.html
http://evadollz.blogspot.com/2014/10/alexa-rank-review-kelebihan-kekurangan.html
http://evadollz.blogspot.com/2014/10/alexa-rank-review-kelebihan-dan-kekurangan.html




Comments

Popular posts from this blog

Review Game Tales Of Destiny (PS1)

Halooooooo. Setelah sekian lama akhirnya saya akan memulai tulisan lagi. Pada kali ini saya ingin mengulas sebuah game PS1 kesukaan saya ketika masih bocah, serta game agak jadul. Nama game ini adalah Tales Of Destiny, dimana merupakan series kedua dari seri game Tales Of. Informasi umum dari wikipedia Developer : Wolf Team Publisher   : Namco Artist : Mutsumi Inomata Write : Kazuya Ishizuka Composer : Motoi Sakuraba, Shinji Tamura Series : Tales Platform : PlayStation dan PlayStation2 Release date : December 23, 1997(jepang), September 30, 1998(amerika utara) Genre : Role-playing video game Mode : Single-player dan multiplayer Gameplay Gameplay dari permainan ini bisa saya bilang unik untuk dijamannya dimana gameplaynya beda dari yang lain ya kurang lebih sama seperti series sebelumnya Tales of Phantasia. Cara mainnya layaknya gabungan dari action, figting, rpg secara live time. Jadi hal pertama seperti game rpg pada umumnya untuk bertemu monste

Aspek Hukum & Keamanan, Arsitektur Web, dan Pembuatan Blog

Aspek Hukum dan Keamanan WEB/Internet Undang - Undang ITE Dalam penggunaan ITE terdapat undang-undang yang mengaturnya, seperti yang dijelaskan dibawah : Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tidak dapat menjangkau semua aspek hukum dalam kegiatan atau perbuatan hukum yang dilakukan dalam internet, tetapi dapat didukung oleh peraturan perundang-undangan lainnya sehingga tidak akan terjadikekosongan hukum dalam setiap peristiwa hukum yang terjadi sebagai jalan keluar dalam penegakan hukumnya. Disebutkan bahwa kegiatan melalui media sistem elektronik, yang disebut juga ruang cyber (cyber space), meskipun bersifat virtual dapat dikategorikan sebagai tindakan atau perbuatan hukum yang nyata. Secara yuridis kegiatan pada ruang cyber tidak dapat didekati dengan ukuran dan kualifikasi hukum konvensional saja sebab jika cara ini yang ditempuh akan terlalu banyak kesulitan dan hal yang lolos dari pemberlakuan hukum. Pasal 1 angka 3 Undang-

Evolusi Komputer

Evolusi Komputer Pada awalnya computer merupakan alat hitung, sesuai dengan arti awalnya yaitu computare dari bahasa latin yang artinya menghitung. Namun, seiring berjalannya waktu makna computer telah berganti menjadi alat bantu elektronik yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan beberapa tugas seperti : memproses, memanipulasi, mengontrol, ataupun menyimpan data. Adapun perkembangan computer dari abacus atau sempoa hingga ke wearable device yang digunakan jaman sekarang ini. Perkembangan computer sangatlah hebat . Perkembangan Komputer Abacus Komputer pertama kali muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia yang digunakan para pedagang untuk menghitung. Bentuknya terbuat dari biji-bijian yang disusun disebuah rak agar dapat digeser yang dimana digunakan untuk menghitung. Namun dengan perkembangannya pensil dan kertas di Eropa membuat abacus mulai ditinggalkan.